Sharing Bagaimana Pola Pikir Seorang Pengusaha

September 06, 2020

Sharing Bagaimana Pola Pikir Seorang Pengusaha

Usaha Kuliner

Sebelumnya saya perkenalkan diri dulu ya, karena ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Nama saya Muhammad Syukri, S.T, M.TI Istri 1 dengan 4 orang anak Bekerja di PT. Aretanet Indonesia

Bidang Usaha:

  • Areta Informatics College
  • Developer Property Syariah
  • Online Class Indonesia
  • Software Development
  • Digital Marketing Agency

Memulai usaha sejak kuliah di salah satu univ swasta di Jogjakarta Usaha yang saya rintis pertama kali bersama teman teman adalah usaha rental komputer dengan modal patungan bersama 3 orang teman kuliah.

Awal awal sebelum buka usaha rental komputer saya biasa jualan pakaian bekas di Malioboro untuk menyambung hidup saya di jogja dengan menjual pakaian teman teman kos hasilnya dibagi.

Setelah lulus kuliah mencoba merantau ke Jakarta. Berbekal skill yang saya punya di bidang IT khususnya di Linux networking dan server saya memberanikan diri menghubungi salah satu profesional IT dan sekaligus direktur salah satu kampus ternama di Jakarta Prof. Eko Indrajit untuk minta kerjaan sama beliau tanpa di gaji, ya saya minta gak usaha di gaji!. Ini salah satu yang gak masuk akal bagi setiap orang yang saya tanya mau gak kerja tanpa di gaji? Rata-rata menjawab gak mau.

Oh ya sebelum lulus kuliah saya sudah aktif menulis buku buku IT bahkan setelah bekerja masih menyempatkan diri menulis buku buku yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia Group kompas yakni Elek media. Buku buku tersebut antara lain:

  • Membangun PC Router dengan GNU/Linux
  • Membangun aplikasi web database dengan PHP dan MySqL
  • Teknik Hacking untuk Pemula
  • 101 Tip dan Trik Hacking
  • Menjadi Webmaster Freelance

Buku buku tersebut Alhamdulillah yang bisa menjadi wasilah saya bisa menjadi trainer IT, Konsultan IT dan menjadi dosen di salah satu kampus di Jakarta.

Saat ini menulis buku tentang bisnis dan Alhamdulillah sudah terbit juga, ditulis bersama teman-teman di dunia usaha.

Nah perjalanan dimulai ketika saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan tetap saya dan memilih menjadi pengusaha di mulai sekitar tahun 2004.

Usaha pertama yang saya rintis bersama salah satu mahasiswa yakni web hosting penyedia layanan hosting dan domain sekaligus pembuatan website Modal awalnya sebuah perangkat server bekas yang saya beli di mangga dua dengan harga waktu itu sekitar 1 jt. Saya lupa secara rinci kala itu speknya apa yang jelas cukuplah untuk memulai usaha.

Saya mulai belajar dan membaca buku buku tentang bisnis bukan hanya tentang IT. Bagaimana memulai usaha sendiri dengan modal kecil dan bahkan tanpa modal kenapa tidak?

Kalo tau caranya pasti bisa kita lakukan. Disamping baca buku saya juga cari guru bisnis dan belajar dengan beliau, salah satu guru bisnis saya adalah pemilik bimbel ratusan cabang di Indonesia namanya Primagama Siapa yang gak tau Primagama? Yang mau Tembus perguruan tinggi negeri seperti UI, UGM, ITB dan perguruan tinggi favorit lainnya pasti tau donk.

Saya belajar sama beliau bagaimana membangun dari awal usaha step by step langkah demi langkah tanpa modal.

Beberapa pola pikir yang disampaikan oleh beliau waktu itu tentang seorang pebisnis sukses adalah:

  • BoTol
  • Bodol
  • Bosol
  • Bobol

Banyak orang takut memulai bisnis karena kendala modal betul??! Modal uang menjadi momok paling menakutkan sehingga banyak yang punya ide dan impian menjadi pengusaha urung dan gak buka buka karena kendalanya adalah takut gak punya modal betulkan?

Padahal menjadi pengusaha modal utamanya adalah keberanian, Saya garis bawahi lagi modalnya adalah "KEBERANIAN" bukan Modal UANG.

Anda tau bahwa hari ini yang punya mall yang punya bisnis Property yang punya Alfamart Indomart dll bahkan gojek grab Facebook Google Microsoft mereka memulai bisnis dari garasi rumah bahkan rumah kontrakan. Apakah mereka semua dari orang orang kaya? Tidak semua, mereka orang biasa biasa saja namun mereka punya mimpi dan ide besar menjadi orang orang sukses modal mereka adalah Keberanian mewujudkan mimpinya.

Terus bagaimana dong Kalo saya mau buka usaha gak pakai modal duit? Saya sudah punya ide nih dan mimpi mau wujudkan misalnya mau usaha toko online atau mau usaha gorengan atau mau usaha sablon dll kan semuanya butuh duit?

Nah sama saya juga begitu pada awalnya, mau buka usaha web hosting nih layanan internet gak punya duit sewa server aja butuh 10jt per bulan Emang pakai daun.

Saya gunakan salah satu jurus di atas yakni BoDol

Apa itu Bodol? Berani Optimis Duit orang lain.

Saya garis bawahi lagi ya "Berani" itu jadi kata kunci

Modalnya duit orang lain bukan duit sendiri kan kita gak punya duit.

Hehehe

Kuncinya adalah berani Ok

Cari orang yang punya duit ajak kerjasama bagi hasil. Kita yang ngerjain usahanya kita otaknya yang punya duit sebagai pemodal nanti untungnya bagi 2 kan beres ya kan? Kuncinya berani gak?.

Sebagai studi kasus waktu itu saya mau buka usaha burger dan pizza di Jakarta banyak kios kios yang mau disewakan. Saya tanya aja ruko atau kios yang mau disewakan tanya kepemiliknya saya temui berapa harga sewanya? Apakah saya punya duitnya ? Gak ada cuman nanya aja Kan Kalo tanya kan gak bayar.

Yang penting udah tau oh harga sewanya per tahun sekian paling tidak sudah ada mental "berani" nanya itu buat bekal kita bisnis Setelah saya tanya waktu itu 7,5jt per tahun sewanya saya tanya apakah boleh dp dulu??

Oh boleh mau dp berapa ? 50rb boleh gak? Biar sebagai tanda jadi eh ternyata dikasih.

Terus ya udah saya ambil di ATM kebetulan gak bawa uang cash Watu itu kasih dp nya 50rb minta kuncinya buat Ngasih tau keteman teman siapa yang mau modalin buat usaha burger dan pizza saya saya sudah ada ruko nya nih kuncinya bisa dilihat bareng. Nah dengan begitu teman teman saya percaya wah iya beneran jadi deh ada yang modalin. Modalnya apa? Sekali lagi Keberanian.

Banyak orang mau bisnis mikirnya modal uang dulu padahal modalnya bisa dimulai dari berani nanya dulu kiosnya iya kan? 7,5jt itu modal sewanya saya pakai Bodol itu...

Inti dari cerita nyata yang saya contohkan di atas benar benar terjadi dan akhirnya dari satu usaha itu menjadi belasan cabang usaha modalnya apa? Berani!!! Siap untuk action??

Modal utamanya sesungguhnya dalam usaha bukan modal uang tapi keberanian Anda untuk mewujud impian dan ide yang ada di kepala kita caranya salah satunya dengan BODOL Kuncinya mindset Anda atau pola pikir Anda.