NgeRIBAnget

September 06, 2020

NgeRIBAnget Part #1

Beberpa waktu yang lalu saya sempat sharing tentang dunia wirausaha dan saya posting di FB. Waktu itu saya menulis dengan tema "Membangun usaha tanpa modal"

Alhamdulillah banyak yang respon baik like, comment, dan bahkan share. Salah satu yang like dan comment adalah satu siswa yang pernah magang di kantor saya.

Ngobrol ngobrol sebentar bertanya kabar di Fb, lalu berlanjut bersapa di WA. Ketika saya baca wa dari dia, meminta tolong untuk membantu salah satu saudaranya yang terlilit hutang.

Saya sarankan bertemu dulu untuk berbincang bincang siapa tau ada yang bisa di share jadi solusi permasalahan saudaranya. Sebut saja

si A : Assalamu'alaikum pak Syukri mohon maaf saya bisa minta tolong ?

MS: Wa'alaikumssalam wrwb, ya mas minta tolong apa ya?

Si A : saudara saya mau gadai kendaraannya buat bayar hutang Rp.x bapak bisa bantu nanti di balikan tgl x.

MS : hemm bisa ketemu saya dulu mas?

Si A : sebentar pak saya tanya dulu saudara saya ya? Tak lama kemudian dia wa lagi

Si A : saudara saya bisa, bapak bisanya kapan?

MS: saya langsung jawab hari Senin ya jam 10 pagi, ternyata dia tidak bisa menyanggupi karena terbentur kerjaan.

Akhirnya disepakati lah hari berikutnya, harinya dan waktunya setelah jam kerja.

Bertemulah saya dengan saudaranya di kantor Areta setelah saya persilahkan masuk di ruangan lalu berbincang bincang ringan menanyakan kerjanya dmn dan seterusnya.

Sampailah pada inti cerita yang menjadi permasalahannya ternyata dia saat ini memiliki hutang di beberapa bank dengan menggunakan kartu kredit dan pinjaman online.

Saat itu ada beberapa pertanyaan yang saya tanyakan ke dia, sebut saja si B

MS : mas B, sejak kapan pakai kartu kredit?

Si B: sekitar 5 tahunan pak

MS : berapa kartu yang ada punya ?

Si B : Ada 5 kartu pak, pagu kreditnya kurang lebih sekian jt pak.

MS : digunakan buat apa mas?

Si B : ya buat keperluan sehari hari pak, saya kadang kadang gak tau juga tiba tiba duitnya habis aja

MS: uang gajian mas buat digunakan keperluan apa?

Si B : ya itu pak saya pusing, uang gajian saya gak pernah saya nikmati habis untuk bayar cicilan kartu kredit bahkan saya pinjam lagi ini pinjaman online untuk nutupi cicilan yang tertunggak. Saya stress berat pak.

Hari ini jatuh tempo untuk cicilan sekian juta yang harusnya saya bayarkan.

MS : Ya Allah, ya Rab saya bergumam dalam hati beginilah kondisi saya saat itu yang pernah saya alami persis seperti si B ini gak tau harus berbuat apa.

Saya tercenung sejenak mengingat masa lalu dimana saya pernah terjerumus dalam kredit yang berkempanjangan, hutang Riba yang begitu luar biasa yang menghimpit menghabiskan aset aset saya tak tersisa satupun karena hutang riba ini.

Sesaat kemudian saya tanya ke si B saya lihat raut wajahnya pucat dan lesu gak ada semangat terlihat di tatapan matanya rasa lelah dan bingung yang luar biasa.

MS: berapa total hutang mu?

Si B : totalnya kurang lebih sakian puluh juta rupiah pak, saya pingin hijrah pak.

Saya sudah gak sanggup dengan kondisi ini pak.

Saya berusaha pinjam sana sini ke saudara kekerabat kekeluarga sudah tidak ada lagi yang mau menghutangi saya membantu saya.

Memiknya raut wajahnya sangat sedih yang mendalam . Saya kemudian bertanya lagi

MS : Mas tau tidak bahwa hutang seperti ini adalah riba, dan tau dosanya adalah dosa besar?

Si B : dengan tegas dia menjawab tau pak bahkan ada hadist yang mengatakan bahwa dosa pemakan dan pengguna riba sama seperti menzinahi ibu kandung sendiri.

Saya takut pak, saya benar benar menyesal pak. Ujarnya.

MS : mas apa yang Anda rasakan hari ini sama seperti apa yang saya rasakan beberapa tahun yang lalu, persis, bahkan saya gak tau Kalo hutang dengan bunga adalah riba dan saya gak tau Kalo hutang itu ternyata harus dibayar saya gak tau Kalo dosanya adalah dosa besar bahkan Allah dan Rasulnya menyatakan perang kepada pemakan Riba pengguna riba, saya dengan mimik serius memandangi wajahnya.

Hutang Riba saya jauh lebih besar dari Anda berlipat lipat bahkan 😭

Alhamdullilah hari ini saya bisa merasakan kebebasan karena saya hijrah total untuk tidak akan menyentuh lagi yang namanya riba

Si B langsung kaget terlihat dari raut wajahnya dan mengatakan

Si B: wah ternyata kita senasib pak tapi bapak hutangnya ternyata jauh lebih banyak dari saya sambil senyum tipis di raut wajahnya ada secercah harapan dari raut wajahnya. Ternyata hutang saya tidak ada apa apanya dibandingkan bapak 😊

Berarti saya, Allah langkahkan ke bapak dan Allah tunjukkan jalan yang benar untuk bisa sharing dan mendapatkan motivasi yang sangat saya butuhkan.

Kemudian Saya langsung timpali.

MS : begini mas. Anda harus punya niat yang besar untuk hijrah dan niatkan dalam hati dengan sungguh sungguh bahwa saya akan membayar hutang hutang saya dan memohon pertolongan sama Allah yakinlah bahwa ketika kita berniat dengan sungguh sungguh maka Allah SWT akan menolong kita dengan caranya.

Tumbuhkan rasa keyakinan itu, jangan pernah berharap dan meminta sesama mahluk sesama manusia maka Anda akan kecewa mintalah pertolongan sama Allah, jangan minta tolong sama saya karena kita ini hamba yang lemah tidak ada daya apa apa.

Akhirnya sebagai bekal dari pengalaman yang pernah saya lakukan saya terangkan konsep snowballing, konsep ini Anda bisa pakai ketika Anda masih bisa dan mampu bayar cicilan.

Saya jelaskan konsepnya dengan detil, ternyata si B mendapatkan pencerahan, yang dilakukan selama ini salah. Selama ini yang dia lakukan gesek kartu kredit yang masih ada pagu kreditnya untuk membayar kartu kredit yang jatuh tempo, begitu terus menerus hingga hanya bisa bayar bunganya saja, hutang pokoknya gak pernah selesai.

Bukan lagi Gali lubang tutup lubang tapi gali lubang yang paling dalam. Saya katakan gunakan uang cash yang Anda punya untuk membayar kartu kredit yang sisa hutangnya paling kecil tambahkan 10-20% dari minimal cicilan lakukan terus menerus kepada kartu kredit tersebut hingga lunas, kartu kredit yang lain cukup bayar minimal cicilan saja.

Setelah lunas lakukan untuk kartu kredit yang sisa hutangnya paling kecil terus lakukan seperti itu.

Dalam proses itu jangan pernah hutang kartu kredit lagi dan jangan pernah membayar hutang kartu kredit dengan gesek kartu kredit yang lain.

Karena kartu kredit di design sedemikian rupa agar tidak bisa Anda lunasi.

Saya juga sharig tentang konsep golden Money Management agar kita lebih melek secara finansial.

Konsep ini sangat bagus dan diterapkan oleh para orang orang super kaya. Namun konsep GMN hanya bisa jalan jika dilakukan dengan disiplin yang kuat dan mindset yang benar.

Tanpa disiplin maka hanya sebuah konsep yang bagus tidak memberikan arti dan dampak apa apa.

Akhirnya setelah berbincang bincang berdialog sharing kurang lebih 2 jam terlihat ada secercah harapan dan semangat pada dirinya.

Si B : Alhamdulillah pak saya hari ini mendapatkan sesuatu yang luar biasa ternyata saya salah dalam mengelola keuangan pribadi saya.

Saya sering tempramental di rumah karena sangking pusingnya, ya Allah hari ini saya tercerahkan.

MS : Alhamdulillah mas, mudah mudahan sepulang dari sini Anda memiliki semangat untuk segera bangkit dari keterpurukan.

Saya sambil mengambil buku 7 Pertanyaan Fundamental karangan guru saya Heppy Trenggono Presiden IIBF www.iibf-Indonesia.com , dan pendiri gerakan beli Indonesia saya tunjukkan ke dia ini mas silahkan di cari di toko buku terdekat dan silahkan di baca mudah mudahan Allah Ridho dengan Anda dalam me dapatkan hidayahNya dan segera lunas dari hutang riba karena hutang riba NgeRIBAnget sambil saya tepuk punggungnya memberikan semangat.

Ada beberapa catatan yang ingin saya sampaikan dari cerita nyata ini yakni:

Bangkit dari keterpurukan dari hutang riba adalah suatu kewajiban bagi kita yang meyakini Allah yang akan menolong kita.

Saya bangkit dari keterpurukan dengan membangun usaha yang bersih dari riba salah satunya adalah lembaga pendidikan yang saya bangun Areta Informatics College www.aretacollege.com dan online course www.onlineclassindonesia.com ternyata bisa kog tanpa hutang Riba.

Setiap ada kesempatan saya selalu ingatkan dan sharing kepada teman teman mahasiswa Areta bahwa hindari riba agar hidupmu tenang dan bahagia.

Hiduplah sesederhana mungkin jangan banyak gaya 😎karena hidup itu sesungguhnya sederhana yang bikin sulit diri itu gayanya.

Jadilah orang yang bermental kaya dan kaya beneran bukan hanya kelihatan kaya 😁

AretaInformaticsCollege UnggulBerdayaSaing Onlineclassindonesia 90%praktek10%teori KuliahITPlusEntrepreneurship MembangunKarakter Leadership Entrepreneurship