Jatuh yang Membangkitkan Part2

September 28, 2020

Jatuh yang Membangkitkan Part2

Foto Bareng Ardi

Muhammad Syukri, S.T, M.TI, lahir di Kota Kecil Kuala Tungkal, Jambi 19 Desember 1977 lahir dari keluarga petani dan pedagang kecil Ayahnya hanya tingkat satu Sekolah Rakyat dan Ibu tidak Sekolah, saat ini bertempat tinggal di Tangerang. Sejak kecil bercita-cita menjadi Seorang Insinyur akhirnya mengantarkan beliau lulus S1 Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta. Melanjutkan kuliah S2 di Magister Teknologi Informasi di Universitas Bina Nusantara Jakarta. Saat ini sebagai CEO di PT. Aretanet Indonesia bergerak di bidang Property, Education, IT Development & Digital Marketing. Mendirikan Lembaga Pendidikan IT dan Bisnis dengan nama Areta Informatics College yang mencetak SDM IT Profesional dan Pebisnis.

Setelah kejatuhan dari belasan bisnis yang saya jalankan sebelumnya dengan cara yang tidak benar, dengan ilmu bisnis yang minim bermodalkan keberanian dan nekad yang berakhir dengan menyisakan hutang riba, akhirnya bisnis yang saat ini sedang saya bangun mulai saya benahi. Saya mulai sangat berhati hati dan selektif dalam menjalankan bisnis ini. Kalo boleh dikatakan sangat lamban. Berkaca dengan pengalaman bisnis bisnis sebelumnya saya mulai membangun usaha kembali. Lembaga pendidikan Areta Informatics College ini saya bangun pondasi dengan kuatnya dulu baru besar, karena untuk besar lebih mudah dilakukan ketika pondasi bisnis kita sudah kuat. Kuat apanya? Kuat Sistemnya, kuat manajemennya, kuat finacialnya, kuat produknya dan kuat marketnya.

Apakah dalam membangun AIC ini yang berfokus pada kuatnya dulu ini tidak bermasalah? Ternyata banyak sekali masalah yang saya hadapi. Saya dan tim sudah melakukan list seratus daftar masalah yang ada di bisnis saya lima puluh daftar masalah dari internal dan lima puluh masalah dari external. Ternyata saya baru menyadari dan menemukan masalah terbesar dari seratus daftar masalah yang kami temukan ternyata adalah masalah sales & marketing. Biang keladinya ternyata ini, sekali lagi masalah sales & marketing. Masalah ini menjadikan omset bisnis kami tidak mencapai target. Ada yang salah dengan saya dan tim sales & marketing kami, masalah strategi eksekusi sales & marketing.

Alhamdulillah saya panjatkan Segala Puji Bagi Allah, saya sangat bersyukur dipertemukan dengan workshop Grounded Business Coaching Led by Coach Dr. Fahmi selama 5 hari di Malang, yang memberikan pemahaman kepada secara utuh tentang strategi eksekusi dengan 110 tools bisnis Grounded Coaching yang salama ini saya gamang dan bingung bagaimana melakukan strategi eksekusi. Banyak workshop yang saya ikuti hanya memberikan pemahaman dari sisi mindset bisnisnya saja tapi tidak mengajarkan bagaimana cara eksekusinya.

Sekembalinya dari workshop Grounded Business Coaching Led by Coach Dr. Fahmi saya langsung take double action melakukan meeting dengan team AIC membuat perencanaan strategi marketing serta mengeksekusinya. Fokus saya dan team saat ini adalah bagaimana strategi eksekusi sales & marketing untuk meningkatkan omset bisnis kami.